Inovasi Pengadilan

Inovasi Pengadilan

 

Di bawah ini merupakan Inovasi Pengadilan Negeri/HI/Tipikor Kendari Kelas IA yang mendukung Pelayanan Publik kepada Pencari Keadilan dengan memberikan kemudahan informasi dan dalam bentuk pengoptimalan fasilitas yang memberikan kenyamanan bagi Pencari Keadilan :

*Dalam bentuk Inovasi Teknologi Informasi :

1. Aplikasi Userway untuk Penyandang Disabilitas Tuna Netra dan Disleksia di Website Pengadilan Negeri Kendari

Aplikasi User Way Disabilitas merupakan inovasi Pengadilan Negeri Kendari. Aplikasi User Way Disabilitas adalah software yang memudahkan untuk pengguna tuna netra, gangguan penglihatan orang tua, sehingga para pencari keadilan bisa mengakses informasi penting tentang layanan yang ada di Pengadilan  Negeri Kendari. Adanya aplikasi ini menciptakan pelayanan yang berkeadilan, memberikan citra baik bahwa Pengadilan Negeri Kendari ramah disabilitas.

Sebelum Aplikasi Userway Disabilitas ini diluncurkan, kami sudah melakukan uji coba kepada salah satu penyandang tuna netra SLB BF Mandara Kendari. Dan beliau berkata bahwa Pengadilan Negeri Kendari satu-satunya instansi yang ramah disabilitas yang ada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

2. Aplikasi Antrian Sidang

Aplikasi ini merupakan aplikasi inovasi Pengadilan Negeri Kendari. Aplikasi Antrian Sidang memudahkan pencari keadilan untuk mengantri secara tertib dengan mengetik nomer perkara kemudian masyarakat pencari keadilan bisa mendapatkan nomor antrian. Nomor antrian akan muncul pada layar LCD dengan mengeluarkan audio suara di ruang tunggu persidangan.


3. Aplikasi V-LARI

V-LARI merupakan inovasi Pengadilan berbasis Whatsapp Chat Bot. V-LARI ini dapat digunakan untuk Publik dan Intern Kantor. Nomor WA V-LARI :0813-2561-9998.

Pencari Keadilan dengan mudah memperoleh informasi Pengadilan melalui WA V-LARI secara online dimanapun dan kapanpun. 

Informasi terkait Perkara, Layanan, E-Court, Pengaduan, Survei, Persidangan Hari ini, Statistik Perkara, Posbakum.

 

 

 4. Aplikasi E-PRATAMA


Aplikasi E-PRATAMA selengkapnya dapat dilihat dan di akses pada Link berikut : KLIK DI SINI

 

5. APLIKASI E-PADUKA

Pengadilan Negeri Kendari memperkenalkan Fitur Baru E-Paduka di WA Bot V-LARI. E-Paduka adalah aplikasi peminjaman alat bantu disabilitas. Fitur ini memudahkan Pengunjung disabilitas untuk menggunakan layanan disabilitas di Pengadilan Negeri Kendari khususnya alat bantu disabilitas. Fitur E-Paduka dapat di akses melalui WA V-LARI Pengadilan Negeri Kendari dengan Nomor WA : 0813-2561-9998

 

 

*Dalam bentuk Pengoptimalan Sarana dan Prasarana :

1. Ruang Bermain Anak

Fasilitas Sarana Prasarana Baru di Pengadilan Negeri HI/TIPIKOR Kendari Kelas IA yaitu Arena Bermain Anak dan Media Informasi Digital sebagai Sarana Edukasi Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Bagi Kelompok Rentan ‘Arem Nak Nan’, untuk mewujudkan pengadilan yang ramah anak.

2. Ruang Laktasi

 

2. Ruang Perawatan